Tuesday, November 15, 2022

Apa itu ERP

 

Apa itu ERP

Introduction

ERP adalah singkatan dari perencanaan sumber daya perusahaan. Ini adalah sistem atau rangkaian aplikasi perangkat lunak yang membantu perusahaan mengelola sumber daya dan operasi mereka.

Bagian: ERP adalah singkatan dari enterprise resource planning

ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan. Ini adalah solusi perangkat lunak terintegrasi yang mengotomatiskan aliran informasi dan materi dalam organisasi Anda.

ERP adalah singkatan dari "perencanaan sumber daya perusahaan". ERP adalah kategori perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mengelola operasi bisnis dengan mengintegrasikan data dari berbagai bidang fungsional seperti keuangan, manufaktur, dan sumber daya manusia ke dalam satu database.

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) mengacu pada penggunaan aplikasi bisnis terintegrasi dalam suatu organisasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kontrol di berbagai fungsi seperti produksi, keuangan, dan layanan pelanggan.

Bagian: Sistem ERP digunakan untuk menjalankan proses penting seperti akuntansi, layanan pelanggan dan pelacakan pesanan, sumber daya manusia, dan kontrol inventaris

ERP (perencanaan sumber daya perusahaan) adalah sistem perangkat lunak yang mengintegrasikan semua aspek bisnis. Sistem ERP digunakan untuk menjalankan proses penting seperti akuntansi, layanan pelanggan dan pelacakan pesanan, sumber daya manusia, dan kontrol inventaris.

ERP adalah singkatan dari perencanaan sumber daya perusahaan - sebuah proses di mana bisnis dapat mencapai efisiensi yang lebih besar dengan mengintegrasikan keuangan organisasi ke dalam satu sistem terpusat. Solusi ERP memungkinkan perusahaan untuk merampingkan operasi mereka melalui otomatisasi: solusi ini mengotomatiskan tugas dan proses yang sebelumnya dilakukan secara manual, memastikan bahwa setiap departemen dalam bisnis Anda bekerja pada kinerja puncak.

Bagian: Sistem ERP dapat dipecah menjadi modul-modul yang masing-masing berfokus pada area operasi yang berbeda.

Sistem ERP dapat dipecah menjadi modul-modul yang masing-masing berfokus pada area operasi yang berbeda. Modul yang paling umum adalah:

  • Keuangan dan akuntansi

  • Sumber daya manusia

  • Manufaktur

  • Manajemen rantai pasokan (SCM)

Area-area ini dianggap sebagai landasan bisnis apa pun, dan oleh karena itu mereka adalah hal pertama yang harus Anda pikirkan ketika memilih solusi ERP.

Bagian: Suite ERP biasanya mencakup modul-modul berikut:

Jika Anda baru mengenal dunia ERP, ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah ikhtisar dari beberapa komponen yang paling umum:

  • Modul keuangan dan akuntansi

  • Alat manajemen sumber daya manusia

  • Modul manufaktur (kadang-kadang disebut sistem eksekusi manufaktur, atau MES)

  • Modul manajemen rantai pasokan (SCM) yang membantu fungsi pengadaan, pengadaan dan kontrol manufaktur untuk mengoptimalkan proses produksi agar lebih efisien. Ini juga mencakup sistem jaminan kualitas serta perangkat lunak manajemen gudang yang memungkinkan manajemen inventaris, pengiriman dan aktivitas pelacakan inventaris.

  • Aplikasi manajemen hubungan pelanggan (CRM) memungkinkan bisnis untuk melacak informasi pelanggan seperti demografi, detail kontak dan riwayat penjualan melalui sistem database pusat yang dapat diakses oleh semua anggota staf yang relevan terlepas dari lokasi atau batas-batas departemen.

Bagian: keuangan dan akuntansi

Modul keuangan dan akuntansi digunakan untuk mengelola keuangan perusahaan. Ini termasuk piutang dagang, hutang dagang, buku besar, penganggaran dan pelaporan. Juga manajemen penggajian dan akuntansi pajak termasuk dalam modul ini.

Sangat penting untuk memiliki sistem ERP yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Bagian: sumber daya manusia

Anda mungkin bertanya-tanya apa itu ERP?

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. Ini adalah sistem perangkat lunak yang mengintegrasikan semua fungsi proses bisnis organisasi. Teknologi ERP diciptakan untuk mengelola sumber daya perusahaan dan mengintegrasikan fungsi bisnis yang berbeda untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan layanan pelanggan, dan memberikan kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik.

ERP juga dikenal sebagai perangkat lunak manajemen bisnis karena membantu perusahaan mengelola operasi mereka secara lebih efektif. Selain itu, ERP memberikan semua informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat tentang saluran penjualan dan tingkat inventaris Anda sehingga bisnis Anda berjalan lancar setiap saat!

Bagian: manufaktur

Jika perusahaan memiliki lebih dari satu pabrik, setiap pabrik akan memiliki modul manufakturnya sendiri. Masing-masing modul ini dapat digunakan untuk melacak proses produksi dan memantau inventaris.

Modul ini digunakan oleh semua departemen dalam proses manufaktur: layanan pelanggan, pemasaran, penjualan, dan teknik. Departemen-departemen ini saling berbagi informasi melalui sistem ini sehingga mereka tahu persis apa yang perlu dilakukan pada waktu tertentu.

Bagian: manajemen rantai pasokan (SCM)

Sistem manajemen rantai pasokan (SCM) adalah komponen penting dari ERP modern. Di masa lalu, ketika perusahaan mengandalkan pencatatan kertas dan mesin faks untuk melacak inventaris mereka, SCM tidak sepenting kesuksesan organisasi seperti sekarang ini. Dunia berteknologi tinggi saat ini mengharuskan bisnis dapat mengakses data real-time tentang pengiriman dan tingkat inventaris pemasok mereka untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang biaya dan layanan pelanggan. Selain itu, banyak bisnis telah dipaksa oleh permintaan pasar untuk menjadi pemain global, mengharuskan mereka untuk mengelola inventaris di berbagai lokasi atau negara - tugas yang sangat sulit tanpa sistem SCM yang memadai.

Manajemen rantai pasokan dapat melakukan lebih dari sekadar melacak dari mana produk Anda berasal; itu juga dapat membantu Anda mengelola pengiriman (termasuk biaya pengiriman), memantau metrik layanan pelanggan untuk setiap lini produk atau departemen berdasarkan target kinerja yang ditetapkan oleh tim kepemimpinan dalam bisnis itu sendiri.

Bagian: manajemen hubungan pelanggan (CRM)

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah aplikasi perangkat lunak yang membantu bisnis mengelola informasi pelanggan, termasuk data tentang bagaimana pelanggan berinteraksi dengan perusahaan. Perangkat lunak CRM juga dapat digunakan untuk mengelola upaya penjualan dan pemasaran, serta layanan dan dukungan pelanggan.

Kesimpulan: ada lebih banyak hal dalam ERP daripada sekadar akuntansi

Sistem ERP digunakan untuk menjalankan proses penting seperti akuntansi, layanan pelanggan dan pelacakan pesanan, sumber daya manusia, dan kontrol inventaris. ERP juga digunakan di perusahaan manufaktur untuk melacak produk yang sedang diproduksi atau di gudang.

ERP juga dapat menjadi alat yang hebat untuk usaha kecil karena mereka sering memiliki sumber daya keuangan yang lebih sedikit daripada perusahaan besar. Sistem ERP memberikan banyak manfaat termasuk peningkatan efisiensi dan akurasi yang membantu meningkatkan keuntungan.

Conclusion

Kesimpulannya, ERP bukan hanya alat untuk akuntansi. ERP adalah bagian penting dari setiap bisnis yang perlu berjalan lancar dan efisien. Dengan perangkat lunak yang tepat, Anda dapat memastikan semua departemen Anda bekerja menuju satu tujuan: menghasilkan keuntungan!

Apa itu ERP

No comments:

Post a Comment

rekam medis elektronik

  Perbedaan rekam medis elektronik dan rekam medis tradisional Medical record electronic (atau rekam medis elektronik ) adalah versi digita...